Cara Pemeliharaan dan Perawatan Mobil Injection

Cara Pemeliharaan dan Perawatan Mobil Injection Agar Lebih Awet

Perawatan Mobil Mesin Injection –  baru memakai mesin injection, dikarenakan untuk perawatan dan pemeliharaan mobil lebih mudah dan dengan biaya yang lebih murah. Mobil dengan mesin injeksi mempunyai komponen-komponen utama di seputar system bakar bakar dan udara. Oleh karena itu jangan sesekali menggunakan bensin yang berkualitas rendah.

Menggunanakan bensin dengan octan yang telah di tetapkan oleh pabrikan yaitu memakai octan lebih dari 95 dengan harga mahalnya berkisar 9000/liternya. Komponen-komponen tersebut wajib diservice secara rutin setiap 5.000 km agar sistem injeksi sebuah mobil tetap awet seperti baru dan berfungsi maksimal seperti berikut ini :

Lihat Juga Harga Terbaru Mobil Suzuki

1. Bersihkan Filter Udara
Bersihkan filter udara, yaitu melakukan pembersihan kotoran dengan angin bertekanan tinggi dari arah belakang. Seperti juga halnya dengan filter bensin, gantilah filter udara apabila sudah terlalu kotor.

2. Bersihkan Filter Bensin
Bersihkan filter bensin dengan bantuan angin bertekanan tinggi. Filter yang terlalu kotor sebaiknya ganti dengan yang baru, karena dapat berakibat kerusakan yang menjalar pada pompa bensin. Biasanya ditandai dengan suara berisik dengan nada yang tidak stabil.

3. Bersihkan Throttle Injection
Throttle body yang kotor biasanya ditandai dengan gejala tarikan mobil kurang responsive. Jika kotoran sudah menumpuk di throttle position sensor maka putaran mesin bisa pincang saat stasioner.

Sumber kotoran biasanya berasal dari udara yang terisap ke ruang bakar. Oleh karena itu kebersihan throttle body tergantung pada perawatan filter udara. Bersihkan throttle body menggunakan cairan semprot yang banyak dijual di toko onderdil khusus untuk mesin injeksi caranya :
a)  Semprotkan satu kaleng cairan lewat mulut skep throttle body sambil mesin dinyalakan dengan putaran stasioner.
b)  Jagalah putaran mesin agar tidak mati, sehingga cairan pembersih bisa masuk ke seluruh celah klep. Hal ini juga dapat berfungsi membersihkan ruang bakar.
c)   Setelah itu matikan mesin sekitar 15 menit. Kemudian nyalakan lagi mesin dan mainkan putaran mesin hingga 6.500 rpm. Sisa kotoran dan kerak di throttle body akan terbuang bersama asap knalpot.

4. Bersihkan Nosel Injection
Nosel penyemprot bensin juga harus dibersihkan agar arah dan bentuk semprotannya ideal. Lubang nosel yang berukuran kecil bisa tersumbat kotoran / kerak akibatnya semprotan bensin jadi kacau dan debitnya berkurang sehingga putaran mesin pincang dan tarikan mobil jadi kurang. Bersihkan nosel injector dengan cara campurkan larutan kimia pembersih yang banyak dijual di toko onderdil ke tangki bensin. Bensin dan larutan kimia ini akan bersenyawa dan mengalir ke nosel untuk mengikis kotoran. Terkadang dan khususnya pada daerah tertentu  pasokan untuk bensin yang berkualitas bagus dengan oktan tinggi sering kali kosong sehingga mau ngga mau pengendara menggunakan bensin dengan kualitas rendah. Sudah bisa ditebak dalam waktu yang relatif singkat dipastikan seluruh komponan mesin akan mengalami kerusakan-kerusakan yang cukup serius.

Demikian ulasan dari kami, Cara Pemeliharaan dan Prawatan Mesin Injection dengan benar. Selamat Mencoba..

Related Post:

Beri Peringkat Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.